PENGARUH PEMANFAATAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) DI MTS ULUL ALBAB PLESUNGAN KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AGUSTINA, IIN DWI (2019) PENGARUH PEMANFAATAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) DI MTS ULUL ALBAB PLESUNGAN KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
sampul,pengesahan,bab 1-3.pdf - Published Version

Download (594kB)

Abstract

Abstrak Agustina, I.D. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Program Indonesia Pintar (PIP) Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di MTs. Ulul Albab Plesungan Kecamtan Kapas Kabupaten Bojonegoro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd., (II) Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd. Kata kunci: Program Indonesia Pintar (PIP), Prestasi Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pemanfaatan Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Ulul Albab Plesungan Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah populasi dari siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) yaitu sebanyak 25 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh sehingga mengambil sampel dari seluruh populasi. Dari hasil uji t yang dilakukan menerangkan bahwa Pemanfaatan Program Indonesia Pintar (PIP) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di MTs Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro, hal ini dibuktikan dengan hasil yang telah dianalisis secara manual yaitu nilai t hitung sebesar 2,615 lebih besar dari t tabel yaitu 2,069. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh dari Pemanfaatan Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran PPKn di MTs Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Abstract Agustina, I.D. 2019. The Influence of the Utilization of the Smart Indonesia Program (PIP) Against Student Learning Achievement in the Subjects of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) in MTs. Ulul Albab Plesungan Kapas District Bojonegoro Regency First Semester in Academic Year 2018/2019. Thesis, Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences Education, IKIP PGRI Bojonegoro, Supervisor (I) Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd., (II) Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd. Keywords: Smart Indonesia Program (PIP), Learning Achievement The purpose of this study was to determine whether there is an influence of the use of the Smart Indonesia Program (PIP) on student achievement in PPKn subjects. The type of research used in this research is quantitative research methods. The research was conducted at MTs Ulul Albab Plesungan, Kapas District, Bojonegoro Regency with a population of 25 Smart Indonesian Card Holder (KIP) students. The sampling technique in this study uses saturated sampling so that it takes samples from the entire population. From the results of the t test carried out explaining that the Utilization of the Smart Indonesia Program (PIP) has an effect on student achievement in PPKn subjects at MTs Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro, this is evidenced by the results that have been analyzed manually ie the t value of 2.615 is greater from t table that is 2,069. Thus H0 was rejected and Ha was accepted, meaning that there was an influence from the Utilization of the Smart Indonesia Program (PIP) on Student Learning Achievement in PPKn subjects at MTs Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro Academic Year 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Program Indonesia Pintar (PIP), Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Wiwin ikip
Date Deposited: 24 Feb 2020 09:30
Last Modified: 24 Feb 2020 09:30
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item