ANALISIS BAHASA PENCITRAAN IKLAN POLITIK PILKADA KABUPATEN TUBAN TAHUN 2015

Abdul Ghoni Asror, AGA and Sholehuddin, Muhammad (2015) ANALISIS BAHASA PENCITRAAN IKLAN POLITIK PILKADA KABUPATEN TUBAN TAHUN 2015. JURNAL PEDAGOGIA, 5 (2). pp. 197-208. ISSN 2089-3833

[img] Text
251-640-1-SM.pdf

Download (40kB)
Official URL: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/articl...

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa pencitraan pada level kosakata dan mendeskripsikan level gramatika dalam wacana iklan Pilkada Kabupaten Tuban 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencitraan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Tuban 2015 pada 1) level kosa kata ditemukan adanya bentuk (a) klasifikasi kosa kata, (b) kosa kata yang diperjuangkan, (c) kosa kata yang memarjinalkan orang lain, dan (d) kosa kata yang bernuansa kedaerahan. 1) pada level gramatika, ditemukan adanya bentuk (a) modalitas, (b) pronomina, (c) kalimat positif-negatif, dan (d) kata penghubung. Kata kunci: Level Kosakata, Level Gramatika

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with username abdulghoni
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:25
Last Modified: 18 Jun 2020 13:25
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item