Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) disertai Assessment for Learning (AfL) untuk meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Metodologi Penelitian

Zainudin, M. (2014) Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) disertai Assessment for Learning (AfL) untuk meningkatkan Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Metodologi Penelitian. Seminar Nasional Matematika dan Pembelajaran, 5 (1). ISSN 978-602-70609-0-6

[img] Text
22 - Published Version

Download (27kB)
Official URL: https://unirow.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di program studi pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) disertai Assessment for Learning (AfL) yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi penelitian dan peningkatan kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi penelitian melalui penerapan PBP disertai AfL. Hasil Penerapan PBP disertai AfL difokuskan pada aktivitas dosen, mahsiswa, bentuk projek yang diberikan kepada mahasiswa. Peningkatan Kreativitas mahasiswa dinyatakan dalam kemampuan menyusun proposal penelitian, kemampuan melakukan dan mengkomunikasikan hasil penelitian. Data aktivitas dosen, mahasiswa, dan data bentuk bentuk projek yang diberikan kepada mahasiswa dianalisis dengan analisis diskriptif kualitatif. Data peningkatan kreativitas mahasiswa dianalisis dengan membandingkan skor mahasiswa dengan KKM (75) dan peningkatan skor belajar selama 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) disertai Assessment for Learning (AfL) yang dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada matakuliah metodologi penelitian dilakukan dengan keaktifan dosen dalam mengevaluasi karya mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian setiap pertemuan, mahasiswa pada setiap pertemuan selalu merevisi proposal penelitian berdasarkan masukan dari dosen dan teman sejawat, sedangkan bentuk projek yang diberikan kepada mahasiswa berupa tugas penyusunan proposal penelitian kuantitatif atau kualitatif sesuai kreativitas mahasiswa. Rerata kreativitas mahasiswa berdasarkan indikator kreativitas pada aspek kefasihan dan kebaruan di siklus I lebih besar 75, tetapi pada aspek fleksibilitas hanya mencapai 70,3; sehingga belum memenuhi indikator keberhasilan. Rerata tiap indikator kreativitas mahasiswa pada siklus II lebih besar 75 sehingga memenuhi indikator keberhasilan. Secara keseluruhan mahasiswa mengalami peningkatan kreativitasnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with username zainudin
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:28
Last Modified: 29 Jun 2020 02:28
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item