STUDI KORELASI ANTARA RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP MIFTAHUL FALAH SENORI TUBAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUSILO, DWI (2019) STUDI KORELASI ANTARA RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP MIFTAHUL FALAH SENORI TUBAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB I-III-min.pdf

Download (488kB)

Abstract

ABSTRAK Susilo, Dwi. (2019). Studi Korelasi Antara Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di KelasVIII SMP Miftahul Falah Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Progam Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I (Fruri Stevani, S.Pd., M.Pd). Pembimbing II (Dian Ratna Puspananda, S.Pd., M.Pd). Kata kunci: Percaya Diri, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri yang disebabkan oleh rasa minder atau malu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif Antara Percaya Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar siswa di kelas VIII SMP Miftahul Falah Senori Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Miftahul Falah Pada Mata Pelajaran IPS dengan jumlah total siswa sebanyak 43 siswa. Dengan pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mencari rasa percaya diri dan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data dan hasil nilai, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Uji validitas isi menggunakan rumus Aiken’s dan uji reliabiltas menggunakan rumus Cronbach’s Coefficient. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang di bantu oleh program SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasa percaya diri siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung sebesar 2,365 dan signifikansi sebesar 0,023. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka rasa percaya diri siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Miftahul Falah Senori Tuban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:12
Last Modified: 25 Jun 2020 03:12
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item