PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ASMAKA, RIDDUWAN AGUNG (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
COVER+LEMBAR PENGESAHAN+BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Agung, Ridduwan. 2019. Pengaruh model pembelajaran game-based learning terhadap prestasi belajar matematika pada materi peluang kelas viii smp negeri 2 balen tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dian Ratna P., S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Sujiran, M.Pd. Kata Kunci : game-based learning, prestasi belajar. Salah satu masalah penting dalam pembelajaran matematika adalah memperhatikan penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis permainan. Sehingga dirasa siswa belajar seperti tidak belajar. Contoh model pembelajaran yang berbasis permainan adalah model pembelajaran game-based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran game-based learning terhadap prestasi belajar matematikapada materi peluang kelas VIII SMP Negeri 2 Balen tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol,. Sedangkan kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran game-based learning. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menggunakan rumus uji t dengan taraf hasil signifikansi 0,05 didapat thitung sebesar 3,024 sedangkan t0,05;58 = 2,301 dengan DK = {t > 2,301}, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran game-based learning terhadap prestasi belajar matematika materi peluang semester genap kelas VIII SMP Negeri 2 Balen tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: game-based learning, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mrs Wiwin ikip
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:09
Last Modified: 25 Feb 2020 07:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item