UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN PASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN DI KELAS VII F SMP NEGERI 4 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JANNAH, MIFTAKHUL (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN PASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA CATATAN HARIAN DI KELAS VII F SMP NEGERI 4 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
FILE PDF BAB 1-3 SAMPUL DAN PENGESAHAN-min.pdf

Download (535kB)

Abstract

Janah, Miftakhul. 2019 Upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ips pada pokok bahasan pasar melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (ttw) dengan media catatan harian di kelas VII F SMP Negeri 4 bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019, Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I). Ayis Crusma Fradani, S.Pd, M.Pd. Pembimbing (II). Puput Suriyah, S.Pd, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dengan media catatan harian di kelas VII F SMPN 4 Bojonegoro. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMPN 4 Bojonegoro yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dengan media catatan harian. Pengumpulan data mengguakan tes dan observasi instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktifitas guru pada siklus I yaitu 66% pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88%. aktivitas siswa pada siklus I yaitu 57% pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 90%. hasil belajar siswa pada Pra Siklus yaitu 56% mengalami peningkatan yaitu 93%. dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dengan media catatan harian mengalami peningkatan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 37% . Kata kunci : Penerapan, Pembelajran Kooperatif, Think talk write (TTW), Catatan Harian, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:29
Last Modified: 25 Jun 2020 03:29
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item