PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEHIDUPAN MANUSIA DI MASA PRAAKSARA KELAS VII SMP NEGERI 4 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

QURROTUL, A'YUNI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEHIDUPAN MANUSIA DI MASA PRAAKSARA KELAS VII SMP NEGERI 4 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
QURROTUL A'YUNI bARU.pdf

Download (672kB)

Abstract

ABSTRAK A’yuni, Qurotul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kehidupan Manusia di Masa Praaksara Kelas VII SMP N 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas PendidikanIlmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Junarti, M.Pd., (II) Anita Dewi Utami, M.Pd.. Kata kunci: Problem Bassed Learning,Prestasi belajar Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan jenis quasi experimental. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Bassed Learning sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP N 4 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi sebanyak 178 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah jenis cluster random sampling .Kelas VII F dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan dokumentasi. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir yang sebelum diujikan soal tersebut telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Metode dokumentasi yang digunakan berupa data nilai uas semester ganjil kelas VII SMP N 4 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji prasyarat yang berupa uji normalitas menggunakan metode liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F serta uji keseimbangan atau uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang dilakukan di SMP N 4 Bojonegoro dari pelaksanaan tes prestasi belajar didapatkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu ̅

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Jun 2020 08:54
Last Modified: 29 Jun 2020 05:44
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item