PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS) SISWA SMP AHMAD YANI 4 KANOR KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RAHMAWATI, ANI ALFI NUR (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS) SISWA SMP AHMAD YANI 4 KANOR KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Ani alfi baru.pdf

Download (706kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Rahmawati, Ani Alfi. (2019) "pengaruh kemandirian belajaar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Ahmad Yani 4 Kanor Tahun Pelajaran 2018/2019." Kata kunci : Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Sumber Belajar, Hasil Belajar Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah kemandirian belajar dan pemanfaatan sumber belajar siswa. Kemandirian belajar merupakan faktor internal yang mendasari siswa untuk mau belajar, tanpa kemandirian belajar siswa idak dapat belajar secara maksimal. Pemanfaatan sumber belajar yang dipergunakan oleh siswa dirasa penting, guna untuk membantu belajar siswa memahami dan menguasai materi yang dipelajari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Ahmad Yani 4 Kanor tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasional sebab akibat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Ahmd Yani 4 Kanor yang berjumlah 45 siswa, dengan teknik pengmbilan sampel jenis sampling jenuh yang berjumlah keseluruhan populasi tersebut. Terdapat tiga variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu tingkat kemandirian belajar (X1) dan pemanfaatan sumber belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) yang di nilai pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Pengambilan data diambil melalui angket dan dokumenasi. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh model regresi Y= 3,882+0,531+0,505, Dan hasil uji Parsial kemandirian belajar adalah 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis H0 ditolak, pemanfaatan sumber belajar adalah 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis H0 ditolak, dan hasil uji ANOVA F yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar dan pemnfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Ahmad Yani 4 Kanor tahun pelajaran 2018/2019 secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian tersebut menyarankan kepada siswa agar menggunakan secara lebih efektif sumber belajarnya dan meningkatkan kemandirian belajar siswa agar selalu memberikan variasi variasi dalam proses belajarnya untuk menghindari timbulnya rasa bosan ketika proses belajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Jun 2020 09:18
Last Modified: 29 Jun 2020 04:12
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item