ANALISIS EKSISTENSI DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEMBANG DOLANAN JAWA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

RAHAYUNINGSIH, SURYA FEBI DITA (2019) ANALISIS EKSISTENSI DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEMBANG DOLANAN JAWA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Surya Febi D. Rahayungisih.pdf

Download (786kB)

Abstract

ABSTRAK Surya Febi Dita Rahayuningsih. 15110046. 2019. Analisis Eksistensi dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Tembang Dolanan Jawa Serta Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. SKRIPSI. Pembimbing 1: Nur Alfin Hidayati, M.Pd., II, Sutrimah, M. Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Kata Kunci: Tembang dolanan Jawa, pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia. Tembang dolanan adalah sebuah karya sastra yang berbentuk lisan. Terdapat keistimewaan tersendiri dalam tembang dolanan Jawa, yaitu berupa syair dengan perpaduan kata-kata yang sangat indah. Syair yang terdapat dalam tembang dolanan tersebut memiliki makna yang memuat pesan moral. Pesan moral atau pitutur luhur dalam tembang dolanan tersebut dapat diajarkan dan disuguhkan kepada anak-anak sejak dini, oleh orang tua di rumah, guru di sekolah, atau masyarakat di lingkungan sebagai masukan dan juga nasihat yang baik. Berdasarkan uraian di atas, ada tiga rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) Eksistensi tembang dolanan pada saat ini, (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tembang dolanan Jawa , (3) Eksistensi dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam tembang dolanan Jawa serta dapatkah digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Wujud data dalam penelitian ini berbentuk data tulis yang bersumber dari lirik tembang dolanan Jawa anak yang memuat pendidikan karakter yang sesuai untuk anak-anak jenjang SD kelas rendah. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan kemudian dideskripsikan. Hasil analisis terhadap tembang dolanan Jawa mengungkapkan bahwa terdapat 18 nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan anak-anak jenjang SD kelas rendah. Karakter yang termuat yaitu, 1) religius; 2) jujur; 3) toleransi; 4) disiplin; 5) kerja keras; 6) kreatif; 7) mandiri; 8) demokratis; 9) rasa ingin tahu; 10) semangat kebangsaan; 11) cinta tanah air; 12) menghargai prestasi; 13) bersahabat; 14) cinta damai; 15) gemar membaca; 16) peduli lingkungan; 17) peduli sosial; 18) tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:45
Last Modified: 29 Jun 2020 08:28
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item