PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN FASILITAS INTERNET DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DAN XI IPS SMA ISLAM TEMAYANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DERMAWAN, MUHAMMAD FIKI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN FASILITAS INTERNET DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DAN XI IPS SMA ISLAM TEMAYANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
mUHAMMAD fIKI dERMAWAN.pdf

Download (738kB)

Abstract

Dermawan, M. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadge dan Fasilitas Internet Kata kunci: Penggunaan gadget, Fasilitas Internet, Hasil Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Siswa Kelas X dan XI IPS SMA IslamTemayang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I (Ayis Crusma Fardani, S.Pd.,M.Pd). Pembimbing II : (M. Zainudin, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penggunaan gadget dan Fasilitas Internet Terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional (Corelantion Explanatife). Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam Temayang dengan jumlah total siswa sebanyak 80 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabiltas menggunakan rumus Cronbach’s Coefficient. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui: (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar dengan thitung sebesar 1,359 dan signifikansi sebesar 0,178; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas internet terhadap hasil belajar dengan thitung sebesar 2,318 dan signifikansi sebesar 0,023; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan gadget dan fasilitas internet secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan Fhitung sebesar 4,514 dan signifikansi sebesar 0,014. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan gadget dan fasilitas internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam Temayang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:03
Last Modified: 29 Jun 2020 05:24
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item