ANALISIS STRUKTUR NOVEL ERAU KOTA RAJA KARYA ENDIK KOESWOYO DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ROHMANA, NADILA HIDAYATI (2019) ANALISIS STRUKTUR NOVEL ERAU KOTA RAJA KARYA ENDIK KOESWOYO DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
sampul pengesahan + bab 1 sampai 3.pdf

Download (631kB)

Abstract

ABSTRAK Rohmana, NadilaHidayati. 2019. Analisis Struktur Novel Erau Kota Raja Karya Endik Koeswoyo Dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Drs. SyahrulUdin, M.Pd.Pembimbing (II). Dra. MasnuatulHawa,M.Pd. Kata kunci :unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, hubungan dengan pembelajaran bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) ekstrinsik dalam novel Erau Kota Raja karya Endik Koeswoyo, (3) hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah content analysis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data Primer. Sumber data primer adalah sumber data yang mengandung data primer dalam hal ini adalah teks sastra yang diteliti. Sumber data penelitian ini berupa teks novel Erau Kota Raja Karya Endik Koeswoyo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Validitas yang digunakan adalah analisis mengalir yang meliputi tiga komponenya itu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: dalam novel Erau Kota Raja karya Endik Koeswoyo ada dua struktur sastra yaitu unsur intrinsic dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik: (1) tema dalam novel Erau Kota Raja karya Endik Koeswoyo tentang perjalanan asmara seoranggadis yang berprofesi sebagai jurnalis. (2) alur yang digunakan alur campuran, meliputi klimaks, muncul konflik, pengenalan, antiklimaks, penyelesaian. (3) latar, meliputi tempat, waktu, dan budaya. (4) penokohan, meliputi sifat-sifat tokoh. (5) sudut pandang, meliputi sudut pandang orang ketiga serba tahu dan orang ketiga pengamat. (6) gaya bahasa yang digunakan meliputi personifikasi, metafora, simile, dan perifrasa. (7) amanat dalam novel adalah diajarkan untuk berani mengambil keputusan dan bangkit dari masalah. Serta mengingatkan pada kita tentang pekerjaan yang kita jalani selama ini sesuai dengan hati. Unsur ekstrinsik meliputi (1) latar belakang pengarang, (2)kondisi social budaya, (3) tempat atau kondisi alam. Hubungannya dengan pembelajaran dapat dilihat dari silabus SMA kelas XI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Jul 2020 08:37
Last Modified: 08 Jul 2020 08:37
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item