PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA POKOK BAHASAN KEDAULATAN RAKYAT KELAS VIII MTS AMPEL BANJAREJO SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hakim, Luqman (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA POKOK BAHASAN KEDAULATAN RAKYAT KELAS VIII MTS AMPEL BANJAREJO SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
CD JURNAL.pdf

Download (336kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan Pokok Bahasan Kedaulatan Rakyat. Sampel diambil dengan teknik sampling Teknik Cluster Random Sampling yaitu dengan mengambil kelas secara acak dari populasi yang diasumsikan berdistribusi normal dan dalam keadaan homogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Tes yang digunakan adalah tes objektif (pilihan ganda). Analisis hasil uji coba instrumen penelitian yaitu validitas butir soal, reliabilitas instrumen,daya beda butir soal, dan tingkat kesukaran butir soal. Tahap awal dalam penelitian ini data awal yang dianalisis adalah hasil ujian akhir semester ganjil mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Langkah pada analisis tahap awal adalah uji keseimbangan. Setelah kedua sampel diberi perlakuan yang berbeda, maka dilaksanakan tes formatif (post test). Kemudian hasil dari tes formatif digunakan sebagai data induk untuk menentukan uji normalitas dan uji kesamaan dua varians (homogenitas). Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikanansi 5%. Pada hipotesis yang telah diajukan didepan yang menyatakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MTS Ampel Banjarrejo Sumberrejo pada materi kedaulatan rakyat ditunjukan oleh

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:43
Last Modified: 09 Oct 2020 03:43
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item