PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 9 BOJONEGORO

Ariyanti, Siska Anggraini (2015) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 9 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
Jurnal Siska Anggraini Ariyanti.pdf

Download (113kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

ABSTRAK Anggraini ariyanti, siska. 2015. Pengaruh kondisi sosial orang tua dan motivasi belajar teradap perstasi belajar mata pelajaran IPS siswa smp muhammadiyah 9 Bojonegoro. Skripsi, program studi Pendidikan Ekonomi, Program Sarjana Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Bojonegoro. Pembimbing : (I) Drs. Mudjiharto, M.Pd, (II) Hj. IfaKhoiriaNingrum, SE.MM. Kata Kunci : Kondisi Ekonomi Orang Tua, motivasi, Belajar Siswa, dan Prestasi Belajar Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan agar dapat mencetak sumber daya manusia yang berguna bagi pembangunan. untuk meningkatkan mutu pendidikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah prestasi belajar siswa didalam mutu pendidikan. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi dan menentukan proses prestasi belajar siswa disekolah yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini ditujukan untuk menguji tentangPengaruh konisi ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro. Penggunaan variabel tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi di SMP Muhammadyah 9 Bojonegoro Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode korelasional yang berjenis penelitian kuantitatif dan dilakukan di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro, dengan sampel 47 orang. Data dikumpulkand engan instrumen berupa angket/kuesioner. Teknikanalisis data yang digunakan adalahSPSS for Windowsversi 16 .Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut: 1) kondisi orang tua Berpengaruh Signifikan dengan prestasi belajar, 2) motovasi belajar siswa Berpengaruh Signifikan dengan prestasi belajar, Terkait dengan hasil penelitian ini, makad isarankan agar: 1) kondisi orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar sisiwa, 2) motivasi belajar siswa dapatd ipertahankan dan ditingkatkan. Implikasinya, secara teoritis temuan penelitian ini memperkuat penjelasan dan pendapat bahwa kondisi orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan merupakan faktor yang mempengaruhi preestasi belajar pada siswa SMP Muhammadyah 9 Bojonegoro Kata Kunci : Kondisi Ekonomi Orang Tua, motivasi, Belajar Siswa, dan Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 13 Oct 2020 08:50
Last Modified: 13 Oct 2020 08:50
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item