PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN MARBLE BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SEMESTER GENAP MTs NEGERI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ABDULLAH, ABDULLAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN MARBLE BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SEMESTER GENAP MTs NEGERI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2 BAB 1-3 SAMPUL DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (480kB)

Abstract

ABSTRAK Abdullah. 2019. Pengaruh model pembelajaran Problem Posing dengan berbantu media pembelajaran Marble Box terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII MTs Negeri 2 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Ari indriani, M.Pd. (II) Novi Maya Sari, M.Pd. Kata Kunci : Problem Posing, Marble Box dan Hasil Belajar. Permasalah pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih rendah dan belum memenuhi standart nasioanal. Hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang diterapkan guru sebagian besar adalah model pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Posing dengan berbantu media pembelajaran Marble Box terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bojonegoro pada sub pokok bahasan aritmatika sosial tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bojonegoro tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 180 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol untuk pembelajaran langsung dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen untuk pembelajaran Problem Posing dengan berbantu media pembelajaran Marble Box. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa soal dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya telah diuji validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan rumus Separated Varians dan dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Negeri 2 Bojonegoro didapatkan harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 2,162. Besar derajat kebebasan ∑dk = 58 dan taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,001. Didapatkan hasil bahwa thitung bukan anggota DK atau harga thitung > 2,001 atau thitung < 2,001, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing dengan berbantu media pembelajaran Marble Box terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII MTs Negeri 2 Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Marble Box, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Mrs Wiwin ikip
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:40
Last Modified: 26 Feb 2020 03:40
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item