PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE TAHUN AJARAN 2016/2017

Azizah, Siti Nur (2017) PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (191kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

ABSTRAK Tujuan Peneliti ini dilaksanakan di MA Islamiyyah Kedungjambe dengan tujuan untuk Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.yakni antara lain adalah Kondisi social dan Kondisi ekonomi orang tua .Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi diperlukan dana yang cukup. Masalah ketersediaan dan untuk melanjutkan sekolah berkaitan erat dengan kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua.Kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor eksternal timbulnya motivasi melanjutkan pendidikan anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah1)Apakah ada pengaruh kondisi sosial dan ekonomi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI MA Islamiyah Kedungjambe?, 2) Apakah ada pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI MA Islamiyyah Kedungjambe?, 3) Apakah ada pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI MA Islamiyyah Kedungjambe Populasi dalam penelitianini adalah siswa kelas XI MA Islamiyah Kedungjambe 96 siswa.Pengambilan sampel sebanyak 82siswa dengan menggunakan proportional random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah kondisi sosial orang tua, kondisi ekonomi orang tua dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS for windows Release 16.0 Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) ada pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh kondisi social dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada sisw kelas XI MA Islamiyah Kedungjambe tahun 2016/2017 diperoleh thitung =3,787 dengan nilai signifikan 0,000<0,05.(2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI MA Islamiyyah Kedungjambe tahun 2016/2017 diperoleh thitung =18,827 dengan nilai signifikan Kondisi Ekonomi orang tua terhadap Motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada sisiwa kelas Xi MA Islamiyah Kedungjambe tahun 2016/2017 diperole fhitung =970,289 dengan nilai signifikan 0,000<0,05.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:25
Last Modified: 19 Oct 2020 03:25
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item