PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS VII DI SEKOLAH MTS AMPEL BANJAREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Ahmadi, Ahmadi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS VII DI SEKOLAH MTS AMPEL BANJAREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
JURNAL SKRIPSI ahmadi OKE.pdf

Download (357kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe PBL melalui teknik diskusi dengan memanfaatkan media LKS dibandingkan dengan model pembelajaran langsung dengan media LKS terhadap hasil belajar PKn pada pokok bahasan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM kelas VII Semester II MTS Ampel Banjarejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan penelitian yang digunakan post – test. Variabel penelitian terdiri atas 1 variabel, variabel bebasnya adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII Semester II MTS Ampel Banjarejo tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 90 siswa yang terbagi kedalam 3 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan hasil pemilihan, yaitu kelas VII- A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII – B sebagai kelas kontrol. Jadi banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan nilai UAS kelas VII sebagai uji prasyarat data awal. Sedangkan metode tes digunakan untuk mencari hasil dari ulangan harian siswa setelah diberi perbedaan perlakuan model pembelajaran tiap masing – masing kelas tersebut. Dalam uji hipotesis dengan jumlah kedua sampel sama dan memiliki varians yang homogen, maka teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan t – test dengan uji bartlet polled varians, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan tingkat signifikansi 5% dengan n1 = n2 = 30, S12 = 104,138 dan S22 = 82,2126 maka hasil penelitian ini adalah pembelajaran PKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe PBL melalui teknik diskusi dengan memanfaatkan media LKS dan model pembelajaran langsung dengan memanfaatkan LKS menghasilkan hasil belajar yang berbeda ( = 2,47426 > 1,671 = ). Kata kunci : PBL (Problem Based Learning), LKS ( Lembar Kerja Siswa ), dan HAM ( Hak Asasi Manusia ).

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:08
Last Modified: 22 Oct 2020 09:08
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item