PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN POLINOMIAL PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 DANDER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KAWAKIB, YUSUF AHMAD (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN POLINOMIAL PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 DANDER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1, 2, 3.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kawakib, Yusuf Ahmad, 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI ( Team Assisted Individualzation ) terhadap hasil belajar matematika dengan pokok bahasan polinomial pada siswa kelas XI SMA N 1 Dander semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI ( Team Assisted Individualzation ), Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi peneliatian ini adalah siswa kelas XI 1, XI 2, XI 3 SMA N 1 Dander, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI 2 dan XI 3. kelas XI 2 dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak atau random sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikan soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t. berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,4854 > 1,9989, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa memlalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)) siswa dapat memperoleh hasil belajar matematika yang baik untuk materi polinomial di kelas XI SMA N 1 Dander

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, (Team Assisted Individualzation), Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:29
Last Modified: 26 Feb 2020 04:29
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item