PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAUNTUK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP N 2 SUMBERREJO TAHUN AJARAN 2018/2019

AMINAH, YESI KHOIROTUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKAUNTUK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP N 2 SUMBERREJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aminah,Y.K.2015.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberred Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Untuk Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberrejo Tahun Ajaran 2018/2019.Pembimbing 1 Dwi Erna Novianti,S.Si,M.Pd .Pembimbing II Puput Suriyah,S.Pd,M,pd. Skripsi.Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Bojonegoro.2019. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilator belakangi oleh suatu fenomena bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena dianggap sulit. Kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran dikelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru (teacher-centered). Selain itu, kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan dengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh pada minat belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang dicapainya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir untuk memahami materi pelajaran sesuai kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu guru harus mampu memposisikan diri dan menerapkan model pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakter siswa yang diajar. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar matematika untuk materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberrejo. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Sumberrejo kelas VIII semester II tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi sebanyak siswa. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik acak atau random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII-D dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen kelas VIII-C dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai ulangan harian semester genap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberrejo tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan sebanyak 25 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrument yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrument. vii Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Heads Together (NHT) sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus Separated Varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sumberrejo didapatkan nilai t hitung pada perhitungan dengan menggunakan rumus Separated Varians yaitu thitung = 1,9503. Besar derajat kebebasan dk = 54 dan taraf signifikan ɑ = 5%, didapatkan nilai ttabel dengan rumus interpolasi adalah sebesar 1,674. Didapatkan bahwa nilai thitung > ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika untuk materi lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberrejo tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:39
Last Modified: 27 Feb 2020 03:39
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item