PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUGIHWARAS TAHUN AJARAN 2023-2024

UTOMO, DICKY NURI PRASETYO (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUGIHWARAS TAHUN AJARAN 2023-2024. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Dicky Nuri Prasetyo Utomo.pdf

Download (945kB)
[img] Text
Dicky Nuri Prasetyo Utomo.pdf

Download (961kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Utomo, D. N. P., 2024, Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras Tahun Ajaran 2023-2024. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing 1 Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd., Pembimbing II Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci— Kemampuan Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual, Media Audio Visual, Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras tahun ajaran 2023-2024 dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual. Tujuan spesifik penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras tahun ajaran 2023-2024. (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas hasil kemampuan menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sugihwaras tahun ajaran 2023-2024. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam mengenai pengaruh pendekatan kontekstual dan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes menulis puisi, observasi partisipasi siswa, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual berbantuan media audio visual secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, serta minat dan motivasi siswa terhadap menulis puisi bertambah. Terbukti saat siklus pertama, terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi siswa dari 65.88 menjadi 74.55, dan nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 83.72 setelah siklus kedua selesai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 10 Oct 2024 05:12
Last Modified: 10 Oct 2024 05:12
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item