LESTARI, WIDIYANA (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA WISATA BUDAYA BOJONEGORO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Widiyana Lestari (21310029) - widiyana lestari-1-32.pdf Download (646kB) |
Abstract
Lestari, Widiyana. (2025). “Pengembangn E-LKPD Berbasis Etnomatematika Wisata Budaya Bojonegoro Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Dosen Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S. Si., M. Pd., Dosen Pembimbing (II) Novi Mayasari, M. Pd. Kata kunci: Pengembangan, E-LKPD, Etnomatematika Penelitian ini termasuk dalam jenis studi pengembangan yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk etnomatematika yang terdapat dalam konteks wisata budaya di Bojonegoro; (2) Merancang serta mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis etnomatematika guna mendukung proses pembelajaran materi bangun ruang; dan (3) Menganalisis kualitas serta kelayakan produk yang dikembangkan. Metode yang digunakan mengadaptasi model pengembangan 4D dari Thiagarajan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dibatasi hingga tahap develop (pengembangan) dengan tujuan menghasilkan produk yang valid dan mendapat respon positif dari guru dan siswa sebagai indikator kepraktisan. Serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan hasil penilaian pretest dan posttest sebagai indikator efektifitas. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas VIII MTs Mujahidin Sambong tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Bentuk arsitektur wisata budaya seperti Kayangan Api dan Padangan Heritage mengandung unsur geometris yang dapat dijadikan konteks pembelajaran bangun ruang melalui pendekatan etnomatematika; (2) Proses pengembangan E-LKPD berbasis etnomatematika dilaksanakan menggunakan 3 tahap pengembangan dan menghasilkan produk yang valid dan relevan; dan (3) Analisis terhadap kelayakan produk E-LKPD melalui validasi ahli menunjukkan hasil sangat baik dengan skor rata-rata 95%, terdiri dari skor 97% untuk ahli materi dan 93% untuk ahli media. Uji kepraktisan berdasarkan penilaian guru memperoleh skor sebesar 93% dengan kategori sangat praktis, kemudian berdasarkan respon siswa menunjukkan skor rata-rata 88%, yang termasuk kategori sangat praktis. Sementara itu, efektivitas produk berdasarkan skor N-Gain sebesar 0,47347, yang termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulannya, E-LKPD berbasis etnomatematika layak digunakan sebagai media ajar interaktif yang efektif dalam pembelajaran geometri dan mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan mengintegrasikan konteks budaya lokal yang bermakna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:21 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:21 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |