PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ASSEMBLR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X2 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 BALEN BOJONEGORO

DIANA, EVI NUR (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ASSEMBLR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X2 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 BALEN BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Evi Nur Diana-21210008 - Nindi Aulia-1-28.pdf

Download (955kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Diana, Nur. Evi. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Assemblr Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X2 Di SMAN 1 Balen Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI BOJONEGORO. Pembimbing (1) Ayis Crusma Fradani, M.Pd., Pembimbing(ll) Dr. Ahmad Kholiqul Amin,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Discover Learning, Media assemblr, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Balen. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta kesulitan dalam memahami konsep-konsep ekonomi yang bersifat abstrak akibat metode pembelajaran konvensional yang masih dominan digunakan. Model Discovery Learning dipilih karena mampu mendorong siswa untuk aktif dalam menemukan konsep melalui eksplorasi dan pemecahan masalah, sedangkan media Assemblr Edu sebagai media berbasis teknologi Augmented Reality (AR) digunakan untuk meningkatkan interaktivitas dan visualisasi materi ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental jenis one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-2 SMAN 1 Balen yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, serta observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t (paired sample t-test) dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Discovery Learning berbantuan media Assemblr Edu. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t yang menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning yang dipadukan dengan media Assemblr Edu secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merekomendasikan agar guru mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran berbasis penemuan yang didukung oleh teknologi AR untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif dan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:38
Last Modified: 02 Sep 2025 04:38
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item