Winagari, Putri Cahyana Kusuma Ning (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
PUTRI CAHYANA KUSUMA N.W - 21210029 - Putri Cahyana-1-27.pdf Download (779kB) |
Abstract
Winagari, Putri Cahyana Kusuma Ning. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Media Augmented Reality (AR) Terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Dosen Pembimbing (I) Ayis Crusma Fradani, M.Pd. (II) Dr. Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd. Kata Kunci: Predict Observe Explain, Augmented Reality, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yang dibantu dengan media Augmented Reality (AR). Rendahnya pencapaian belajar siswa-siswa di kelas IX-8 di SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro, yang dibuktikan dengan hasil tes awal, merupakan masalah yang diangkat dalam studi ini. Nilai rata-rata 36 murid hanya 54,39, yang berarti mereka belum mencapai nilai kelulusan minimal (KKM) sebesar 75. Penelitian ini bersifat kuantitatif. 36 siswa dari kelas XI-8 di SMAN 1 Kedungadem menjadi sampel yang digunakan dalam studi ini dengan menggunakan pendekatan Probability Sampling dengan jenis sampling cluster random sampling. Instrumen yang digunakan termasuk test (pretest-posttest), sementara untuk prosedur uji Validasi data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran dan uji daya beda. Dan untuk prosedur analisis data yang diterapkan berupa uji normalitas dan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dari rata-rata skor pretest sebesar 54,39 dan skor posttest sebesar 87,00. Selain itu, hasil uji t memperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 05:34 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 05:34 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |