PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO

Winagari, Putri Cahyana Kusuma Ning (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
PUTRI CAHYANA KUSUMA N.W - 21210029 - Putri Cahyana-1-27.pdf

Download (779kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Winagari, Putri Cahyana Kusuma Ning. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Media Augmented Reality (AR) Terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Dosen Pembimbing (I) Ayis Crusma Fradani, M.Pd. (II) Dr. Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd. Kata Kunci: Predict Observe Explain, Augmented Reality, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yang dibantu dengan media Augmented Reality (AR). Rendahnya pencapaian belajar siswa-siswa di kelas IX-8 di SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro, yang dibuktikan dengan hasil tes awal, merupakan masalah yang diangkat dalam studi ini. Nilai rata-rata 36 murid hanya 54,39, yang berarti mereka belum mencapai nilai kelulusan minimal (KKM) sebesar 75. Penelitian ini bersifat kuantitatif. 36 siswa dari kelas XI-8 di SMAN 1 Kedungadem menjadi sampel yang digunakan dalam studi ini dengan menggunakan pendekatan Probability Sampling dengan jenis sampling cluster random sampling. Instrumen yang digunakan termasuk test (pretest-posttest), sementara untuk prosedur uji Validasi data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran dan uji daya beda. Dan untuk prosedur analisis data yang diterapkan berupa uji normalitas dan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dari rata-rata skor pretest sebesar 54,39 dan skor posttest sebesar 87,00. Selain itu, hasil uji t memperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Sep 2025 05:34
Last Modified: 04 Sep 2025 05:34
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item