KAJIAN DEIKSIS PADA ALBUM FABULA KARYA MAHALINI YANG RELEVANSI DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Puteri, Aurella Orchitama (2025) KAJIAN DEIKSIS PADA ALBUM FABULA KARYA MAHALINI YANG RELEVANSI DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Aurella Orchitama Puteri_21110004-1 - Iksan Nur K-1-34.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Puteri, Aurella, Orchitama, 2025. Kajian Deiksis pada Album Fabula Karya Mahalini yang Relevansi dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd. (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci: Deiksis, Album, Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi jenis-jenis deiksis yang muncul dalam lirik-lirik lagu album Fabula karya Mahalini. 2) mendeskripsikan penerapan analisis deiksis dari album Fabula karya Mahalini sebagai materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, khususnya dalam aspek memahami konteks dan makna ujaran berdasarkan unsur kebahasaan. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan guna memahami kejadian sosial atau masalah yang terjadi terhadap manusia dalam konteks alami. Penelitian kualitatif terdiri beberapa aspek diantaranya: tempat dan waktu penelitian, data dan sumber data penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, serta teknik validasi data. Analisis teks lagu dalam penelitian ini menggunakan transkip lirik lagu yang bertujuan untuk menganalisis deiksis dalam album Fabula. Hasil penelitian ini terdapat: 1) deiksis persona 40 data, deiksis wacana 8 data, deiksis sosial 6 data, deiksis tempat 10 data, serta deiksis waktu 26 data. 2) penyusunan materi pembelajaran yang relevan dan menarik seperti mengerjakan lembar kerja siswa untuk mengklasifikasi berbagai jenis deiksis yang terdapat dalam album Fabula, serta menyusun menjadi paragraf interpretasi berdasarkan temuan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 11 Sep 2025 05:41
Last Modified: 11 Sep 2025 05:41
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3093

Actions (login required)

View Item View Item