ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL 3726 MDPL KARYA NURWINA SARI

ZUMROATUN, ZUMROATUN (2025) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL 3726 MDPL KARYA NURWINA SARI. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ZUMROATUN-21110090 - Zumroatun Zumroatun-1-24.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Zumroatun. 2025. Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 3746 Mpdl Karya Nurwina Sari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Abdul Ghoni Asror S.pd., M.pd.. Pembimbing (II) Dr. Moh Fuadul Matin, S.S., M.Pd. Kata Kunci: kepribadian tokoh utama, nilai pendidikan karakter, novel 3726 mdpl. Penelitian yang berjudul Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 3726 Mdpl Karya Nurwina Sari bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel 3726 mdpl karya Nurwina Sari berdasarkan teori kebutuhan Abraham Maslow, serta mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel tersebut dengan mengacu pada 18 nilai pendidikan karakter yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penelitian ini berusaha mendeskripsiskan data secara mendalam serta hasil analisis data yang diperoleh peneliti berupa kalimat yang berbentuk paragraf. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu novel yang berjudul 3726 mdpl karya Nurwina Sari sebagai sumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka dan analisis isi terhadap teks novel. Data dianalisis dengan cara mengidentifikasi kutipan-kutipan yang relevan, kemudian dikategorikan berdasarkan teori Abraham Maslow dan teori nilai pendidikan karakter Kemendikbud. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, dimana peneliti dapat mengecek temuannya dengan memanfaatkan penggunaan sumber dan teori yang sudah ada untuk memastikan pembahasan tidak keluar dari konteks. Berdasarkan hasil analisis data pada tokoh utama dalam novel ini, yaitu Rangga, menunjukkan perkembangan kepribadian yang sesuai dengan lima tingkat kebutuhan Maslow, mulai dari kebutuhan dasar hingga aktualisasi diri. Telah ditemukan 22 data kebutuhan tersebut yang meliputi kebutuhan fisiologis 6 data, kebutuhan keamanan 2 data, kebutuhan sosial (cinta dan kepemilikan) 6 data, kebutuhan penghargaan 2 data dan kebutuhan aktualisasi diri 6 data. Selain itu, ditemukan pula sejumlah 61 data nilai pendidikan karakter meliputi religius 5 data, jujur 2 data, toleransi 2 data, disiplin 4 data, kerja keras 4 data, kreatif 2 data, mandiri 3 data, demokratis 1 data, rasa ingin tahu 3 data, semangat kebangsaan 2 data, cinta tanah air 3 data, menghargai prestasi 5 data, bersahabat 4 data, cinta damai 4 data, gemar membaca 2 data, peduli lingkungan 3 data, pedulisosial 7 data, dan tanggung jawab 5 data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:43
Last Modified: 15 Sep 2025 02:43
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item View Item