ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL MY WAY OF THINKING KARYA WIJIATI LESTARI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

kHOIRIYAH, FEBRIANA ULFIATIN (2025) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL MY WAY OF THINKING KARYA WIJIATI LESTARI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Febriana Ulfatin Khoiriyah_21110055-1 - febriana ulfa-1-28.pdf

Download (528kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Febriana Ulfatin Khoiriyah. 2025. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel My My My Way Of Thinking Karya Wijiati Lestari Berdasarkan Teori Stephen Covey dan ephen Covey dan ephen Covey dan ephen Covey dan ephen Covey dan ephen Covey dan ephen Covey dan ephen Covey dan ephen Covey dan Hubungannya dHubungannya d Hubungannya dHubungannya dHubungannya d Hubungannya dHubungannya dHubungannya dHubungannya dengan Pembengan Pemb engan Pembengan Pemb engan Pembengan Pembengan Pembengan Pembelajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia d elajaran Bahasa Indonesia d elajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia d elajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia d elajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia delajaran Bahasa Indonesia di SMAi SMAi SMAi SMAi SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Masnu'atul Hawa, M. Pd., Pembimbing (II) Joko Setiyono, M. Pd. Kata Kunci: pendidikan karakter, novel, Stephen Covey, 7 Habits, pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel My Way of Thinking karya Wijiati Lestari berdasarkan teori The 7 Habits of Highly Effective People oleh Stephen R. Covey. Ketujuh kebiasaan efektif tersebut mencakup: bersikap proaktif, memulai dengan tujuan akhir, mendahulukan yang utama, berpikir menang-menang, berusaha memahami terlebih dahulu, bersinergi, dan memperbarui diri. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti menggunakan teknik dokumentasi, pembacaan intensif, dan pencatatan kutipan teks untuk menemukan wujud konkret dari kebiasaan-kebiasaan tersebut dalam sikap dan tindakan tokoh utama dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel secara konsisten memperlihatkan karakter yang sesuai dengan prinsip 7 Habits. Misalnya, sikap proaktif terlihat dari kemauan tokoh untuk bertanggung jawab atas pilihan-pilihannya, sementara kebiasaan berpikir menang-menang tercermin dalam upayanya membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan orang lain. Setiap kebiasaan tidak hanya tergambar dalam perilaku sehari-hari tokoh, tetapi juga memperlihatkan transformasi karakter yang positif seiring perkembangan cerita. Hal ini menunjukkan bahwa novel tidak hanya menyajikan cerita menarik, tetapi juga sarat dengan pesan moral yang dapat membentuk karakter pembacanya. Temuan ini memiliki relevansi yang kuat dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Penggunaan novel ini sebagai bahan ajar dapat membantu guru mengintegrasikan penguatan karakter ke dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pengembangan keterampilan membaca sastra dan menulis reflektif. Dengan demikian, siswa tidak hanya memperoleh kemampuan bahasa yang baik, tetapi juga terbentuk menjadi individu yang bertanggung jawab, berpikir kritis, mampu bekerja sama, dan memiliki orientasi positif terhadap masa depan. Pembelajaran Bahasa Indonesia pun berperan strategis dalam mendukung pembentukan generasi muda yang berkarakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:27
Last Modified: 15 Sep 2025 03:27
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3122

Actions (login required)

View Item View Item