PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI UPT SMP NEGERI 2 TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN

KURYATI, YAYA (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI UPT SMP NEGERI 2 TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI_YAYA KURYATI - FPMIPA ikip-1-17.pdf

Download (486kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses dengan metode-metode ertentu, sehingga prang akan memperoleh pengetahuan, pemahaman dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Permasalahan yang sering muncul dalam kegiatan belajar mengajar adalah rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Salah satunya adalah konflik atau masalah yang datang pada diri siswa. Setelah melakukan studi pendahuluan di UPT SMP Negeri 2 Tambakboyo Kabupaten Tuban, ternyata matematika adalah pelajaran yang tidak disenangi oleh siswa, selain motivasi siswa masih tergolong kurang untuk mengikuti kegiatan belajar dikelas. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti membuat rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di UPT SMP Negeri 2 Tambakboyo. Rumusan masalah tersebut yang dialami langsung oleh UPT SMP Negeri 2 Tambakboyo yang dibicaran oleh guru pengampu matematika. Pada penelitian ini, penuli menggunakan metode regresi linier sederhana. Pada metode regresi linier sederhana karena pada kasus tersebut terdapat dua variabel yang keterkaitan dengan masalah yang dia alami. Untuk menyelesaikan metode regresi linier sederhana, penulis menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan uji signifikansi dan uji signifikansi koefisien persamaan regresi, diketahui bahwa variabel (X) berpengaruh positif dan signifikasi terhadap (Y). Hal ini berarti motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa UPT SMP Negeri 2 Tambakboyo secara positif dan signifikansi. Tingkat keeratan hubungan dari kedua variabel berada pada kategori sangat kuat. Besar pengaruh motivasi beajar terhadap hasil belajar matematika siswa UPT SMP Negeri 2 Tambakboyo sebesar 97,41%. Sedangkan pengaruh faktor lain terhadap hasil belajar matematika siswa UPT SMP Negeri 2 Tambakboyo sebesar 2,59% Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi yang harus di lakukan oleh intansi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII khusunya di UPT SMP Negeri 2 Tambakboyo. Sehingga dengan adanya motivasi ini nilai yang di hasilkan akan lebih maksimal.Saran untuk guru khususnya guru mata pelajaran matematika, yaitu agar lebih memperhatikan lagi motivasi belajar siswa di sekoah. Karena motivasi belajar ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa secara signifikansi. Kata Kunci: Regresi Linier Sederhana, SPSS, Motivasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:52
Last Modified: 26 Sep 2025 02:52
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item