MUSTAQIMAH, SALISA (2025) MEDIA BOOK STORY NATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MTS AL HAMIDAH GROBOGAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SALISA_MUSTAQIMAH-23229004_ (AutoRecovered) - Salisa mustaqimah-1-19.pdf Download (728kB) |
Abstract
Mustaqimah, Salisa. 2025. “Media Book Story Nation Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Mts Al Hamidah Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (l) Neneng Rika J.K, S.Pd., M.H. Pembimbing (ll) Sely Ayu Lestari, M.Pd Kata Kunci: media book story nation, pembelajaran ppkn, siswa MTs Al Hamidah Pada umumnya, Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mudah di pelajari, namun secara aktif untuk melaksanakannya belum semua yang dapat menyadari sebagai tanggung jawab. Salah satu penyebabnya adalah cara penyampaian atau transfer ilmu yang kurang efektif. Sehingga siswa kurang aktif dalam berpartisifasi melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-harinya di sekolah. Dampak belajar siswa cenderung pasif dan bermain sesuka hatinya, tidak memperhatikan, ngantuk dan suasana pembelajaran cenderung membosankan. Untuk itu dalam menunjang pembelajaran keaktifan siswa dalam belajar khususnya dalam proses pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan maka di sekolah menengah pertama atau di MTs Al Hamidah mengembangkan media pembelajaran berupa Book Story Nation dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di salah satu kelas yaitu kelas 8 MTs Al Hamidah. Book Story Nation ialah berupa kumpulan sub bab materi Pendidikan Pancasila yang di kemas dengan menarik dengan bentuk gambar berwarna yang di dapatkan melalui beberapa bahan materi seperti koran, majalah, buku pelajaran serta media google dan terdapat gambar gambar yang menjelaskan materi dalam sub bab sub bab pada materi Pendidikan Pancasila. Metode dalam penelitian ini ialah menggunakan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara serta observasi atau pengamatan Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan siswa MTs Al hamidah menjadi lebih aktif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila hal tesebut di lihat dengan hasil nilai yang baik setelah selesai pembelajaan . selain hal tesebut siswa siswi juga menjadi lebih fokus Ketika proses pembelajaan, tidak hanya hal tesebut siswa juga dilatih untuk meningkatkan keatifiyasnya dalam proses belajar sehingga memudahkan untuk memahami dan mengingat ingat materi pembelajaan. Nemun kekuangan dalam pelaksanaan pembelajaan dengan media book story nation ialah membutuhkan waktu yang lebih banyak sehingga bedampak pada ketidak tepataan dalam menyampaian materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 04:06 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 04:06 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |